"Kami berkomitmen untuk membangun ERP System yang mensistemasi, mengintegrasi dan mengoptimalkan proses bisnis Anda."

PT Orlansoft Data System adalah sebuah perusahaan perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) System dengan pelanggan di bidang perdagangan/distribusi, manufaktur, dan jasa di seluruh Indonesia. Di Orlansoft, Kami berkomitmen untuk membangun Enterprise Business System yang mensistemasi dan mengintegrasi proses bisnis yang membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya perusahaan di seluruh entitas dan sites.

 

SYSTEMIZE

Systemize, men-sistemasi proses bisnis untuk sistem bisnis manual akan menyediakan ruang lingkup setiap proses dengan lebih jelas, tetapi jika Kita mengembangkan system dari manual menjadi berbasis IT dengan ERP System, Kita akan memperoleh manfaat tambahan seperti:

  1. Fungsi kontrol dengan sumber daya yang lebih sedikit, mengurangi waktu proses dan banyaknya aktivitas pekerjaan untuk mendapatkan informasi yang penting bagi kepentingan bisnis. Misalkan: Staf bagian kontrol Piutang tidak perlu lagi melakukan pekerjaan untuk membuat laporan Outstanding Piutang – hanya dengan klik dari komputer untuk menghasilkan laporan Outstanding Piutang. 
  2. Masa transisi yang lebih cepat, ketika ada perubahan penanggung jawab atas suatu proses. Sistem akan membantu mengarahkan jalannya proses, sehingga ketergantungan perusahaan pada peranan orang untuk menjalankan suatu pekerjaan menjadi berkurang. Orang pengganti hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ditentukan dalam sistem dan bisa segera melakukan pekerjaannya sehingga terjadi penghematan dari waktu pelatihan dan hilangnya produktivitas.
  3. Membantu organisasi dalam mereplikasi system ke cabang atau site lain untuk kepentingan ekspansi bisnis dengan lebih mudah dan cepat. Sistem merupakan template yang mampu direplikasi ke kantor cabang dan anak perusahaan sehingga produktivitas bisa diperoleh dalam waktu singkat dan lebih mudah dimanage.

 

INTEGRATE

Ketika suatu perusahaan berkembang menjadi lebih besar, dengan lebih banyak jumlah departemen, lokasi kantor dan karyawan, ERP System dapat membantu perusahaan dalam :

  • Mengintegrasikan user, proses dan data ke dalam satu database yang tersentralisasi guna membantu meminimalisasi double entri. User tidak lagi harus mengulang data entri yang mungkin sudah terentri oleh user lain dari departemen yang berbeda. Misalkan: user dari bagian Piutang tidak perlu memasukkan ulang data faktur penjualan karena telah dihasilkan secara otomatis dari transaksi yang dientri oleh user di bagian Penjualan, dan data pembayaran atas faktur penjualan juga sudah dientri oleh user kasir.
  • Mengurangi komunikasi berbasis kertas. Karena informasi dan aktivitas pekerjaan dapat diakses dari sumber data yang tersentralisasi, maka user tidak diwajibkan lagi untuk mengirimkan surat permintaan atau dokumen transaksi lain dalam bentuk kertas kepada supervisor, rekan kerja, atau departemen lain. Proses validasi dan persetujuan atas suatu transaksi atau dokumen bisa dilakukan dengan electronic approval di dalam ERP System.
  • Menyatukan operasional bisnis ke dalam satu platform yang menyediakan satu sumber data master (seperti pelanggan, pemasok, produk) dan akses ke sumber data yang sama. Semua orang di dalam perusahaan, baik yang ada di kantor pusat maupun di kantor cabang, bekerja dengan menggunakan ERP System yang sama.
  • Menyediakan akses untuk mendapatkan informasi secara real-time dari satu sumber kebenaran. Hal ini sangat penting untuk menghindari ketidak-akuratan data dan memudahkan user sehingga tidak perlu melakukan proses rekonsiliasi data yang diperoleh dari berbagai sumber.

 

OPTIMIZE

ERP System yang terimplementasi untuk mengakomodasi bisnis proses perusahaan akan memberikan manfaat jangka pendek maupun jangka panjang seperti di bawah ini:

  • Mengefisiensikan operasional dengan mengurangi: a) biaya transakasi dan waktu proses untuk entry pesanan, pengiriman pesanan, penerbitan faktur, proses pembelian, dan proses lainnya. b) Waktu untuk melakukan proses perhitungan biaya produksi. c) Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan closing laporan keuangan bulanan. ERP System akan menghemat waktu dan upaya dengan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, sehingga meningkatkan produktivitas dan meminimalisasi kehilangan kesempatan. Keuntungan lain yang diperoleh meliputi closing laporan keuangan yang lebih awal dalam mata uang lokal maupun mata uang kantor pusat dan memudahkan ketika ingin melacak status transaksi dengan cepat.
  • Menyediakan sarana untuk meningkatkan kontrol. ERP System menyediakan fitur seperti electronic approval dan security setting yang mencegah user melakukan tindakan yang diluar kewenangannya di dalam sistem, sekaligus memberikan fasilitas bagi user yang berwenang untuk melakukan persetujuan atas suatu pengecualian di dalam sistem. Audit trail atas aktivitas pengecualian tersimpan dalam log transaksi.
  • Kemudahan mengakses informasi yang mendukung keputusan bisnis secara real-time akan membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan kepada pelanggan. Semua informasi penting yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan, selalu tersedia untuk membantu pembuat keputusan bisnis memahami keunggulannya dalam memenangkan persaingan.