Cerita Sukses

Danapaint Distributors

Sebagai distributor, kecepatan dan efektivitas dalam memproses pesanan pelanggan, pengiriman barang ke pelanggan, penerbitan faktur penjualan dan kontrol inventori adalah factor penting untuk membangun dan mempertahankan relasi dengan pelanggan.

Untuk mencapai target kecepatan dan efektivitas proses, ketiga distributor ini mencari software aplikasi yang menyediakan bisnis model yang standar untuk perusahaan distribusi, mengadopsi peraturan perpajakan di Indonesia (terutama PPN), dan terintegrasi dengan modul keuangan dan akunting.

Software aplikasi yang dipilih juga harus memberikan solusi untuk kebutuhan manajemen harga jual dan harga beli yang ada sekarang. Kemampuan untuk mendapatkan informasi ketersediaan barang dan approval limit kredit adalah  kebutuhan utama dalam memproses pesanan pelanggan.

Jumlah transaksi yang besar membutuhkan kecepatan dan akurasi proses untuk menghasilkan transaksi deliver order. Kecepatan dalam memproses pesanan pelanggan, pengiriman barang ke pelanggan, dan penerbitan faktur penjualan, di sisi lain diperlukan sistem yang mudah digunakan untuk kontrol dan perencanaan inventori.

Sisi keuangan, monitoring piutang dan giro mundur juga merupakan hal yang penting. Semua proses untuk mencatat transaksi giro mundur, memonitor jatuh tempo giro mundur dan deposit giro mundur harus bisa ditangani dengan cepat dan akurat.

Di sisi teknis, software aplikasi yang ideal harus mudah dalam proses instalasi, mudah meng-customize laporan, implementasi yang cepat, dan dukungan penuh dari vendor aplikasi.

 

SOLUSI DARI ORLANSOFT

Setelah mempertimbangkan beberap solusi software distribusi, perusahaan memutuskan untuk memilih Orlansoft ERP, karena modul utamanya sudah memenuhi 99% dari kebutuhan tanpa perlu customize. Ditambah dengan solusi ini diberikan oleh PROSIA yang terbukti pernah memberikan support yang baik kepada bisnis unit lainnya di dalam group PT. Sumber Selatan Nusa

Dalam 6 minggu, Orlansoft ERP sudah terimplementasi dan “go live” di lokasi pertama yaitu PT. Dana Kharisma Surabaya. Untuk 2 lokasi berikutnya yaitu PT. Dana Prima Semarang dan PT. Sumber Selatan Nusa Jakarta masing masing memerlukan waktu 3 minggu untuk go live.

Di 2004, Orlansoft terus memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Mudah dan flexible dalam mengakses data.
  • Mudah dan flexible dalam menghasilkan laporan yang informatif.
  • Meningkatkan kualitas dalam memproses pesanan dari pelanggan, pengiriman ke pelanggan dan penerbitan faktur penjualan.
  • Membantu memperbaiki inventory turn over lebih dari 50%
  • Kemudahan kontrol inventori dan piutang.