Cerita Sukses

Kalbe International KGID

Tingginya pertumbuhan bisnis KGID membutuhkan dukungan software aplikasi yang mengintegrasikan bisnis prosesnya. Software yang ideal harus mengadopsi Industry Best Practice, termasuk modul dan komponen yang lengkap untuk mendukung bisnis eksport, dan fitur keuangan yang komprehensif.

Mengimplementasikan software aplikasi ERP tidak cukup dengan hanya melakukan instalasi dan training, tetapi bagaimana membuat sistem yang merampingkan bisnis proses perusahaan, menyediakan fungsi kontrol yang mudah, dan memungkinkan tersediannya informasi secara online dalam skala yang luas.

Kebutuhan kedua meliputi standarisasi variasi format dokumen Order Confirmations, Proforma Invoices, Packing Lists dan Commercial Invoices yang harus diterbitkan sesuai dengan format per distributor (pelanggan). Sebelumnya pekerjaan ini dilakukan dengan menggunakan spreadsheets dan banyak format yang harus disediakan untuk memenuhi ketentuan dalam peraturan customs clearance di masing masing Negara tujuan dimana distributor (pelanggan) berada. Proses menggantikan spreadsheet harus lancar tanpa menimbulkan gangguan di level operasional. Selain menggantikan spreadsheets di dalam bisnis proses Order Processing, software aplikasi ERP yang dipilih juga harus mengintegrasikan semua bisnis proses KGID mulai dari estimasi penjualan, proses pesanan pelanggan, kontrol piutang, Cash Management sampai dengan analisa laba rugi.

Hal yang sama pentingnya dengan proses integrasi adalah pengalaman konsultan dalam melakukan implementasi yang harus menyelesaikan keseluruhan skedul implementasi dalam waktu maksimum 6 bulan.

Kebutuhan lainnya adalah :

  • Struktur database yang mudah dipahami untuk mendukung konsolidasi data dari semua entitas di masa depan.
  • Kemudahan dalam melakukan Report Customization.
  • Laporan laba rugi per Principal, Country, Line of Business and Product (khususnya untuk produk OTC/Obat bebas)

 

SOLUSI DARI ORLANSOFT

Setelah mereview solusi dari Orlansoft, KGID memilih Orlansoft karena Orlansoft dapat menyediakan solusi yang mudah diimplementasikan dalam mengintegrasikan bisnis proses KGID.

Fitur FormSet mengakomodasi format dokumen yang unik untuk dokumen Proforma Invoice, Packing List, dan Commercial Invoice untuk setiap distributor di masing masing negara, sehingga proses migrasi sistem menjadi lancar dan tidak menyakitkan user yang sebelumnya menggunakan spreadsheet.

Keahlian PROSIA dalam bisnis proses industri distribusi mendukung tim KGID dalam mengurangi jumlah format dokumen standard menjadi kurang dari 15 format dari sebelumnya sebanyak 50, dengan tetap harus mengikuti peraturan customs clearance di masing masing negara.

Orlansoft Distribution Industry Solution memiliki fitur yang baik untuk manajemen pesanan pelanggan dan dilengkapi dengan fitur kontrol piutang.

Fitur Orlansoft Financial cukup flexible untuk KGID dalam menghasilkan berbagai macam analisa keuangan per cost-center seperti per Principal, Country, Line of Business dan Product

Struktur database Orlansoft memiliki nama table dan field dalam bahasa Inggris dengan kata yang mudah dipahami, dan dilengkapi dengan penggunaan Crystal Reports® sebagai report generator, memberikan fungsi yang flexible dan melakukan report customization. Tampilan struktur database yang jelas dan mudah dipahami untuk memudahkan proses data konversi untuk integrasi dengan sistem eksternal dan kebutuhan data warehousing di masa depan.